Minggu, 14 Oktober 2012


A TRIP TO GEMBIRA LOKA ZOO YOGYAKARTA

          Setelah selama hampir satu bulan saya tinggal di Jogjakarta, saya belum pernah menyempatkan diri untuk pergi jalan-jalan ke suatu tempat. Jikapun keluar dari kos itu untuk membeli buku dan keperluan sehari-hari (maklum anak kos). Biasanya nih, saya suka sekali pergi ke toko buku manapun untuk berburu buku dan menambah koleksi-koleksi pribadi buku saya. Selain itu, tempat favorit saya yang biasa saya kunjungi yaitu pasar tradiosional. Di Pasar saya bisa melihat berbagai jenis sayur mayur, buah, dan lauk pauk.
          Karena penat dan bosan akibat rutinitas kuliah yang padat, saya memutuskan untuk pergi ke Kebun Binatang Gembira Loka Jogjakarta. Lucunya nih, hal yang sama juga pernah saya lakukan ketika saya mengalami hal serupa sewaktu kuliah di Surabaya dan sayapun pergi ke Kebun Binatang Surabaya. Karena saya kurang begitu hafal rute perjalanan ke Gembira Loka Zoo dengan menggunakan motor, sayapun memutuskan untuk naik Trans Jogja.
          Petualangan saya diawali dengan naik bus Trans Jogja di shelter perempatan kentungan (karena saya kos di Pandega). Setelah saya bertanya kepada petugas ternyata saya harus naik bus jurusan 2B. Alhamdulillah tidak perlu menunggu waktu yang lama bus akhirnya datang. Cukup dengan membayar Rp. 3000 saja saya dapat sampai ke tempat tujuan saya. Selama perjalanan saya sempatkan melihat daerah-daerah yang belum pernah saya lihat.  Akhirnya, saya sampai di Kebun Binatang Gembira Loka setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 20-30 menit.
 
         
      Ketika masuk di tempat lokasi terdapat banyak keluarga dan rombongan yang memadati area pembelian tiket. Alhamdulillah karena saya berangkat pagi hari (sampai lokasi jam setengah sembilan), loket pembelian tiket tidak perlu antri lama. Sayapun membeli tiket seharga Rp 20.000 untuk hari libur, sedangkan bila Senin-Jumat harga tiket Rp 15.000. Sayapun mendapat selembar tiket dan Gembira Loka Zoo Map. Nah, ayo ikuti petualangan saya selanjutnya ^^
          Begitu masuk area kebun binatang, pengunjung disuguhi pemandangan yang asri dan sejuk, begitu banyak pepohonan yang tinggi dan lebat sehingga membuat suasana yang rindang. Ada suatu pemandangan menarik yang membuat saya harus segera melihatnya yaitu kumpulan tanaman yang dibibitkan dan tempat pembenihan ikan. Disini banyak tanaman yang memang sengaja dipelahara dan dirawat serta berbagai jenis ikan yang dibudidayakan. Terdapat beberapa jenis kolam budidaya. Mulai tempat budidaya ikan yang kecil-kecil sampai ikan yang besarnya sepaha orang laki-laki dewasa (ngeri juga sih liatnya).

          Kemudian perjalanan saya berlanjut ke tempat Arboretrum. Tempat ini merupakan tempat melihat aneka flora dan fauna yang telah diawetkan Meskipun jumlah koleksi tidak banyak namun cukup bagus untuk pengetahuan anak-anak. Perjalanan saya berlanjut ke tempat satwa mamalia, primata, dan hewan berkantung. Setelah saya amati ternyata kondisi kandang bersih dan terawat, berbeda dengan kondisi kandang di KBS yang kotor dan bau. Banyak para bapak yang menggendong anak di pundak sambil menceritakan tentang cerita yang berkaitan dengan hewan yang mereka lihat. Jadi inget waktu saya masih kecil orang tua juga melakukan hal yang sama. Banyak pengunjung yang beristirahat sambil menikmati bekal yang telah dibawa dari rumah.
          Selain menikmati pemandangan aneka satwa, saya juga dapat menikmati atraksi hewan terampil yang disediakan oleh pengelola khusus pada hari Minggu. Atraksi ini bermacam-macam, diantaranya yaitu :
  1. Atraksi Gajah
  2. Gajah Tunggang
  3. Unta Tunggang
  4. Pertunjukan Beruang Madu dan Orang Hutan
  5. Feeding Time









          Pokoknya saya puas deh berkunjung kesini. Selain murah, edukatif, dan bisa melepaskan penat,hehehehehe. Alhamdulillah, rasanya saya siap untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari kembali. So, ayo teman-teman tunggu apa lagi ayo kunjungi Gembira Loka Zoo yang Insya Allah banyak benget manfaatnya.
Sekian posting saya kali ini. Semoga bermanfaat ya =)

Oleh : Fitria



Tidak ada komentar:

Posting Komentar